Radio Rodja 756 AM

Radio Rodja 756 AM dari Radio Rodja 756AM

Radio Rodja 756AM

Menebar Cahaya Sunnah

Dengarkan episode terakhir:


Keterampilan Meyakinkan Remaja merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Ada Apa dengan Remaja. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 15 Ramadhan 1445 H / 26 Maret 2024 M.







Kajian Tentang Keterampilan Meyakinkan Remaja



Keterampilan meyakinkan yang dimaksud di sini adalah keterampilan mempengaruhi orang lain untuk mengarahkannya. Ada hadits nabi yang berbunyi,



 إِنَّ مِنْ الْبَيَانِ لَسِحْرًا



“Sesungguhnya di antara retorika itu ada yang pengaruhnya seperti sihir.” (HR. Abu Dawud)



Yaitu bisa menyihir seseorang hingga mengikuti kata-kata kita tanpa dia sadari. Ini sebuah keterampilan yang harus kita pelajari.



Demikian pula, ketika kita menghadapi anak-anak remaja, kita tahu ayat yang berbunyi,



لَا إِكْرَاهَ فِي الدِّينِ…



“Tidak ada paksaan dalam agama.” (QS. Al-Baqarah[2]: 256)



Agama ini tidak perlu dipaksa-paksa. Masing-masing orang tentunya bertanggung jawab atas dirinya, dan kewajiban kita hanya menyampaikan saja. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,



… فَإِنَّمَا عَلَيْكَ الْبَلَاغُ…



“Sesungguhnya kewajibanmu hanya menyampaikan.” (QS. Ar-Ra’d[13]: 40)



Akan tetapi, ketika berhadapan dengan anak, kadang-kadang kita tidak berdaya untuk bagaimana agar dia mau yakin terhadap apa yang kita katakan lalu mengikuti apa yang kita instruksikan. Maka perlu keterampilan meyakinkan mereka.



Sebagaimana sabda nabi di atas, bahwa di antara kata-kata itu ada yang pengaruhnya seperti sihir, bisa menyihir seseorang sehingga mengikuti kata-kata kita. Seperti seorang yang dihipnotis, lalu dia menuruti kata-kata yang menghipnotisnya, itu memang ada, dan pengaruhnya memang nyata.



Kita mempengaruhi pikiran mereka untuk mengikuti instruksi kita, hingga dia yakin apa yang kita sampaikan dan mau melakukan apa yang kita suruh. Barangkali sebagian kita memiliki kemampuan untuk berbicara dan pada saat yang sama memiliki kemampuan untuk mendengar dengan baik, seperti yang kita bahas pada bab-bab sebelumnya, namun kadang-kadang itu belum cukup untuk mempengaruhi atau merubah remaja itu ke arah yang kita harapkan. Penyebab dari hal tersebut adalah kelemahan dan kurangnya kemampuan kita untuk meyakinkannya. Lalu bagaimana caranya agar bisa meyakinkan mereka?



Ketika kita ingin mempengaruhi pandangan, keyakinan, dan perilaku seseorang, apalagi ini remaja yang sifatnya dinamis, maka kita perlu sadar bahwa tempat meyakinkan itu letaknya di hati, bukan paksaan dari luar. Artinya, nabi mengatakan,



أَلا إِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً



“Ingatlah, hati adalah panglima dari semua anggota tubuh manusia.”



Maka kalau ingin menaklukkan seseorang, taklukkan hatinya, dan itu yang dilakukan setan sebenarnya kepada manusia. Yang dilumpuhkan oleh setan adalah hati. Karena hati yang akan memerintahkan untuk melakukan atau tidak melakukan. Krena kalaulah dia mau melakukan apa yang kita perintahkan dengan keterpaksaan, itu tidak akan bertahan lama, bahkan nanti kontranya mungkin lebih dahsyat. Banyak anak-anak yang seperti itu; di depan orang tuanya dia melakukan dengan keterpaksaan, di belakang orang tuanya dia melakukan 180 derajat dari apa yang ditunjukkannya di depan orang tuanya.

Episode sebelumnya

  • 3828 - Keterampilan Meyakinkan Remaja 
    Thu, 28 Mar 2024 - 0h
  • 3827 - Diharamkannya Merendahkan Seorang Muslim 
    Wed, 27 Mar 2024
  • 3826 - Keutamaan Surah Al-Fath 
    Wed, 27 Mar 2024 - 0h
  • 3825 - Talbis Iblis Terkait Syathah atas Kaum Sufi 
    Tue, 26 Mar 2024 - 0h
  • 3824 - Mengucapkan Salam Ketika Selesai Shalat 
    Tue, 26 Mar 2024 - 0h
Tampilkan lebih banyak episode

Lebih banyak podcast agama & spiritualitas Indonesia

Lebih banyak podcast agama & spiritualitas internasional

Podcast Radio Rodja lainnya

Pilih genre podcast